TANGGAP DARURAT BENCANA KEBAKARAN KARYAWAN DILATIH GUNAKAN APAR

BANYUWANGI – Karyawan RS Al Huda (RSAH) dibekali pelatihan menggunakan Alat Pemadaman Api Ringan (APAR) pada Kamis lalu (8/5).

Pembekalan cara menggunakan APAR ini agar karyawan RS Al Huda tanggap darurat bencana kebakaran. Pelatihan dipandu langsung oleh Komandan Tim Code Red RS Al Huda yang sudah terlatih dan berpengalaman Sugeng Budi Santoso.

Dalam kesempatan tersebut Sugeng menjelaskan bahwa kebakaran adalah salah satu jenis keadaan darurat yang berpotensi menjadi bencana. Kebakaran bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. “Ketenangan dan kewaspadaan dalam menghadapi kebakaran menjadi kunci utama untuk mengontrol dan mengantisipasi kebakaran agar tidak meluas dan menimbulkan banyak korban dan kerugian,” tuturnya

Sugeng menambahkan, beberapa hal yang dilakukan agar bencana kebakaran tidak terjadi adalah meningkatkan disiplin dan tanggung jawab personil. Serta peningkatan kewaspadaan dan kesiagaan. Selain itu, perlu pengawasan terhadap bahan-bahan rawan terbakar. Juga ada standar prosedur jelas pada setiap peralatan dan pekerjaan. “Serta kondisi alat pemadam kebakaran dalam kondisi baik dan siap digunakan,” imbuhnya

Manajer Fasilitas dan Keselamatan RS Al Huda Budi Hartono S. Kep., Ners, selaku Sekretaris Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit (P2K3 RS) menyampaikan, bahwa semua petugas baru maupun lama dari medis dan nonmedis wajib mengikuti pelatihan tersebut.

Manfaat Pelatihan APAR untuk menyelamatkan dan penanganan korban, meningkatkan kesadaran dan keterampilan karyawan, mencegah terjadinya cedera pada petugas, pasien, dan pengunjung. Serta mengurangi kerusakan atau kerugian asset, meningkatkan kepercayaan diri karyawan dalam menghadapi situasi darurat, menjalankan dan menguji Standar Prosedur yang ada, serta melakukan monitoring dan evaluasi. Sehingga tercipta kondisi siaga bencana. “Keberadaan petugas terlatih dan siap siaga dapat membuat pasien dan seluruh pengunjung merasa aman, fasilitas sarana prasarana terjaga dengan baik, dan pelayanan bisa diberikan dengan Optimal,” pungkasnya.(RSAH)

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *