MRI RS Al Huda Bisa Layani Pasien BPJS Kesehatan

BANYUWANGI – MRI (Magnetic Resonance Imaging) di Instalasi Radiologi RS Al Huda (RSAH) bisa layani pasien Bpjs Kesehatan, asuransi lain, hingga pasien umum. Hal ini disampaikan dr. Ida Ayu Nari Swari, Sp. Rad., Kepala Instalasi Radiologi RS Al Huda.

Dijelaskan, pemeriksaan MRI merupakan pemeriksaan penunjang canggih dengan memanfaatkan medan magnet dan energi gelombang radio, jaadi, no radiasi. ”Pemeriksaan MRI menghasilkan gambar organ, jaringan, dan sistem rangka dengan resolusi yang tinggi, sehingga dapat membantu dokter untuk mendiagnosis penyakit dan menemukan cara pengobatan yang tepat untuk gangguan kesehatan serta mengevaluasi efektivitas terapi,” paparnya.

Dia menambahkan, beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan MRI seperti gangguan pada otak berupa stroke, infeksi, tumor dan kelainan bawaan. “Kemudian gangguan pada sumsum tulang belakang mulai leher sampai dengan tulang belakang dan HNP/ saraf terjepit,” tegasnya.

Selanjutnya, kata dia, pemeriksaan kelainan pada tulang-tulang berupa cedera atau tumor otot, penggantung otot, infeksi tulang dan jaringan ikat sekitarnya. “Gangguan organ dalam perut berupa hati, ginjal, pancreas, limpa, prostat dan kandungan yang berupa infeksi, tumor. Gangguan mata berupa infeksi dan tumor, gangguan telinga berupa infeksi dan tumor,” tegasnya.

Dia menambakan, keunggulan teknologi MRI adalah dapat mengkarakterisasi dan membedakan jaringan menggunakan sifat fisik dan biokimianya. “Dengan MRI, aliran darah, cairan di sumsum tulang belakang, serta kontraksi dan relaksasi organ juga bisa dievaluasi,” ungkapnya.

Kelebihan lainnya, lanjut dia, yaitu pemeriksaan MRI bersifat non-invasif (tanpa pembedahan), tanpa radiasi, zat kontras MRI jarang menghasilkan reaksi alergi, gambar struktur jaringan lunak sangat jelas dan detail dibanding teknik pencitraan lain. “Serta dapat digunakan untuk melihat apakah kanker telah menyebar dan membantu menentukan pengobatan terbaik,” jelasnya.

Dengan adanya layanan alat diagnostik canggih MRI dI RS Al Huda diharapkan pasien dapat memperoleh kemudahan akses terkait hasil pemeriksaan yang spesifik, diagnosa lebih cepat dan tepat. “Sehingga pasien tidak perlu lagi dirujuk ke luar Banyuwangi. Dalam pelasanaannnya RS Al Huda melayani pemeriksaan MRI 24 jam, termasuk rujukan dari fasilitas kesehatan lain,” tegasnya.

Bagi masyarakat yang memerlukan informasi pemeriksaan MRI bisa datang ke Instalasi Radiologi RS Al Huda di Jl. Raya Gambiran Nomor 225 Banyuwangi atau dapat menghubungi nomor 0852-2876-5679. (hud)

 

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *