Tingkatkan  Imun dengan Jaga Asupan Gizi

BANYUWANGI  – Suhu ekstrim malam hari yang sangat dingin serta siang hari yang sangat panas hendaknya perlu diimbangi imunitas tubuh yang baik. Ini agar badan tetap selalu sehat terjaga dan dapat beraktifitas. Hal ini disampaikan ahli gizi RS Al Huda Banyuwangi Nendi Purnama, S.ST.

Nendi menjelaskan, ada beragam cara untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh, mulai dari menerapkan pola hidup sehat seperti menjaga kebersihan, rajin berolah raga, hingga mengongsumsi makanan yang kaya akan nilai gizi.

Cara paling mudah yaitu menerapkan pola makan teratur, sehingga imun tubuh tetap terjaga dan meningkat. “Bila imun kita turun, hal ini dapat mencegah virus masuk dan hinggap pada tubuh kita,” paparnya.

Nendi menambahkan, perlu kiranya memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Artinya makanan tersebut memiliki gizi yang seimbang, terdapat karbohidrat, protein nabati/hewani, lemak, serta vitamin dan mineral tercukupi.

“Untuk protein, usahakan perbanyak konsumsi protein hewani, seperti daging ayam, daging sapi, ikan, dan telur ayam,” jelasnya.

Dalam kondisi seperti sekarang, kata dia, jangan lupa memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Sebab, kandungan vitamin dan mineral di dalam sayuran serta buah sangat bermanfaat melawan virus atau bakteri. Khusus buah, utamakan mengonsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin c.

“Upayakan selalu menyediakan menu sayur saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Tidak lupa juga untuk menyiapkan buah, terutama pagi hari,” terangnya.

Tak ketinggalan, tambah Nendi, makanlah makanan yang mengandung antioksidan yang dapat diperoleh dari kacang-kacangan, sayuran seperti brokoli, bawang putih, serta minyak seperti minyak zaitun.

“Beragam kandungan makanan yang diperlukan oleh tubuh tersebut sebaiknya dikonsumsi dengan mengatur porsinya,” katanya.

Mengatur porsi yang dimaksud adalah 30 persen  makanan pokok terdiri dari beras, jagung, singkong, dan produk olahan lain seperti roti, pasta, mie, dan bihun. Selanjutnya, 20 persen lauk pauk, 30 persen sayur-sayuran, dan 20 persen buah-buahan.

“Tidak lupa untuk perbanyak minum air putih yang bermanfaat meningkatkan kesehatan serta hindari makanan cepat saji,” imbuhnya.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan konsultasi gizi dapat datang ke Klinik Konsultasi Gizi RS Al Huda Banyuwangi di Jl. Raya Gambiran No. 225 , setiap hari Senin-Sabtu jam 07.00 – 20.00 WIB. (hud)

 

 

 

 

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *