RS Al Huda Bareng Lovepink Gelar USG Payudara Gratis

BANYUWANGI Rumah Sakit Al Huda (RSAH) Genteng, Banyuwangi kembali menggelar kegiatan kemanusiaan bakti sosial. Kali ini berkolaborasi dengan Lovepink mengadakan USG payudara gratis bagi perempuan dengan keterbatasan finansial di hari Sabtu dan Minggu (26 dan 27/8) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Samantha Barbara Islan, Chairwoman Lovepink menyampaikan, Lovepink merupakan organisasi nirlaba yang terdiri dari para perempuan penyintas kanker payudara yang mendedikasikan dirinya untuk mendukung, mendampingi perempuan dengan riwayat dan berisiko terkena kanker payudara. “Kami juga peduli dan terus menyuarakan pentingnya deteksi dini dan menjaga kesehatan organ vital wanita,” ujarnya.

Memasuki usia 9 tahun, Lovepink sangat optimis dengan cita-cita menurunkan jumlah perempuan yang terdiagnosis kanker payudara stadium lanjut. Selain melakukan edukasi deteksi dini kanker payudara, kata dia, sejak 2021 Lovepink mengusung gerakan pemeriksaan USG gratis bagi 10.000 perempuan dengan keterbatasan finansial.

“Pemeriksaan klinis ini merupakan upaya deteksi dini dalam terwujudnya indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut,” ungkapnya.

Dalam kesempatan sama, dr. Indiati, MMRS, Direktur RS AL Huda menyambut baik ajakan dari Lovepink. Terlebih, misi tersebut sejalan dengan falsafah RS Al Huda yaitu mengamalkan perbuatan baik terhadap sesama melalui pelayanan kesehatan. “Kami siap berpartisipasi aktif menyuksekan gerakan 10.000 USG payudara gratis,” ujarnya.

Dijelaskan, pada periode awal ini, ada 100 orang yang mendapatkan pemeriksaan USG gratis yang terlaksana menjadi 2 minggu, yaitu 50 orang untuk minggu pertama, kemudian minggu berikutnya ada 50 orang.

Pemeriksaan USG gratis dilakukan oleh dr spesialis radiologi. “Dan bila hasil USG ditemukan adanya kelainan maka akan diberikan konsultasi gratis bagaimana tindak lanjutnya,” ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan aksi sosial ini sejalan dengan aksi sosial sebelumnya yang telah lama dilaksanakan oleh RS Al Huda, yaitu bakti sosial operasi gratis kasus hernia, katarak dan bibir sumbing bagi masyarakat yang kurang mampu. Hal ini merupakan bentuk kepedulian RS Al Huda kepada sesama. (hud)

 

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *