Cegah Stunting, RS Al Huda Promosi Kesehatan

BANYUWANGI – Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RS Al Huda (RSAH) Genteng, Banyuwangi menggelar promosi kesehatan asupan gizi balita seimbang, serta cegah stunting dan wasting bagi keluarga dan pendamping pasien anak yang dihelat di ruang tunggu perawatan anak RS Al Huda (9/8) Rabu, kemarin.

Menurut Fikri Fauzi, S.Gz, Ahli Gizi RS Al Huda Banyuwangi, kepedulian orang tua akan pemenuhan gizi seimbang bagi anak merupakan hal penting guna mencegah stunting (gangguan tumbuh kembang anak) dan wasting (penurunan berat badan anak).

“Makanan yang sehat dangan sumber gizi yang lengkap adalah suatu kesatuan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan daya tahan tubuh,” ujarnya.

Dijelaskan, pemenuhan gizi seimbang termasuk asupan pangan protein hewani menjadi kunci untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ditambahkan, yang dimaksud gizi seimbang adalah asupan makan cukup secara kuantitas, kualitas dan mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

“Tujuannya agar kesehatan tubuh terjaga, pertumbuhan sempurna (pada anak-anak), zat gizi tersimpan, dan aktifitas dan fungsi sehari-hari berjalan optimal,” paparnya

Gizi seimbang, lanjut dia, meliputi zat gizi penghasil energi yaitu karbohidrat, lemak dan protein kemudian zat gizi pembangun sel seperti protein, selanjutnya zat gizi pengatur yaitu vitamin, mineral dan air

Fikri menambahkan, konsumsi makanan dengan kandungan energi dan zat gizi sesuai dengan kebutuhannya dapat dimulai saat persiapkan 1000 hari pertama kelahiran atau saat merencanakan kehamilan bagi calon ibu dan ayah

Kemudian, kata dia, pemberian ASI eksklusif kepada bayi dilanjutkan pemberian makanan tambahan atau pendamping ASI setelah usia bayi menginjak 6 bulan dengan kuantitas dan kualitas sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dalam kesempatan tersebut Alfen Fafirly, ST. Manajer Bagian Umum RS Al Huda yang turut menghadiri kegiatan tersebut menambahkan, bahwa peran aktif rumah sakit sangat diperlukan dalam menyukseskan program nasional penurunan angka stunting dan wasting.

“Selain kegiatan Internal RS, kami juga menjalin kerjasama dengan PKM Yosomulyo, PKM Genteng Kulon, PKM Kembiritan dengan melaksanakan Kegiatan Pendampingan Posyandu Binaan di sekitar RS Al Huda,” ujarnya.

Dijelaskan, bagi yang membutuhkan informasi tentang stunting dan ingin berkonsultasi Gizi dapat datang langsung ke Klinik Konsultasi Gizi RS Al Huda buka setiap hari Senin sampai Sabtu jam 07.00 sampai  20.00. (hud)

hari Senin sampai Sabtu jam 07.00 sd 20.00. (hud)

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *