603 Peserta Ikuti Seminar Nasional Menyusui Secara Hybrid

BANYUWANGI – Bertepatan dengan pekan ASI sedunia World Breastfeeding week, RS Al Huda (RSAH) Banyuwangi menggelar seminar nasional bertajuk `Wujudkan Generasi Sehat dan Cerdas dengan Air Susu Ibu (ASI)`, yang dilaksanakan, Kamis (3/8), kemarin.

Ketua panitia sekaligus Manajer Instalasi Gizi RS Al Huda Riena Dhewi Lestari, S.Gz.RD. menyampaikan, kegiatan seminar dikemas secara hybrid yaitu daring melalui zoom meeting dan live streaming youtube serta luring di Auditorium RS Al Huda

Tak kurang ada 603 orang peserta dari Banyuwangi, Jember, Sidoarjo, Nganjuk, Gresik, Malang, Mojokerto, Bondowoso, Jombang, Probolinggo, Lumajang, Trenggalek kemudian dari Seruyan (Kalimantan Tengah), Badung (Bali), Kendari (Sulawesi Tengah) juga turut mengikuti seminar

Peserta seminar berasal dari tenaga kesehatan seperti Perawat, Bidan, Ahli Gizi, mahasiswa dari Institusi Pendidikan Kesehatan serta masyarakat umum yang sangat antusias saat mengikuti seminar.

“Dalam kesempatan tersebut kita sajikan materi berkualitas dengan nara sumber kompeten yaitu dr Spesialis Anak, Ahli Gizi, Psikolog, Bidan dan Perawat Konselor ASI terlatih,” ujar Riena.

Dijelaskan, pemberian ASI sejak dini dan secara eksklusif pada bayi amat penting bagi kelangsungan hidup seorang anak, juga dapat melindungi dari berbagai penyakit yang rentan mereka alami.

Pemberian ASI eksklusif pada bayi hingga usia 6 bulan, kata dia, akan membuat daya tahan tubuh anak kuat dan tidak mudah sakit, serta dapat terhindar dari risiko diare yang dapat menyebabkan stunting.

“Makanan terbaik bagi bayi adalah ASI, menyususi bukan hanya sekedar memberikan makanan untuk bayi,” tegasnya. Namun lebih utama lagi, lanjut dia, untuk membentuk kedekatan antara ibu dan bayi (bonding) sehingga bayi merasa aman, nyaman dan tumbuh kembang secara optimal

Dia menambahkan, dalam proses menyusui seorang anak akan mendapat kebutuhan dasarnya yaitu ASUH berupa nutrisi, ASIH berupa kasih sayang yang terjadi karena adanya bonding saat menyusui. “Kemudian ASAH, berupa stimuliasi tumbuh kembang yang didapat saat menyusui berupa sentuhan suara, kontak mata dengan ibu,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa keberhasilan menyusui seorang ibu, tidaklah lepas dari lingkungan terdekat yaitu support dan dukungan dari suami atau ayah. “Keberhasilan ibu menyusui dengan ASI, Anak akan tumbuh sehat,  cerdas dan penuh kasih sayang,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi ataupun memerlukan informasi terkait tumbuh kembang anak, bisa datang langsung ke Klinik Psikologi dan Klinik Gizi. Sedangkan terkait pemberian ASI bisa konsultasi ke Klinik KIA RS Al Huda yang buka setiap Senin sampai Sabtu jam 07.00 – 14.00 WIB. (hud)

 

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *