RS Al Huda Gelar Baksos Skrining Lansia

BANYUWANGI – Dalam rangka hari Lanjut Usia Nasional, Rumah Sakit AL Huda (RSAH) Banyuwaangi kembali gelar kegiatan Skrining Gratis bagi Lansia yang dibuka mulai tanggal 12 Juni sampai dengan 12 Juli 2023. Hal ini disampaikan dr. Dewi Mandasari, penanggung jawab kegiatan tersebut.

Dijelaskan, lanjut usia atau lansia merupakan kondisi seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun ke atas. Seiring bertambahnya umur lansia, kata dia, proses penuaan yang dialami dapat menimbulkan permasalahan. “Khususnya terkait aspek kesehatan, seperti gangguan penglihatan, gangguan pendengaran dan gangguan pada saluran kencing,” paparnya.

Oleh karena itu, RS Al Huda sebagai fasilitas pelayanan kesehatan, turut berperan aktif dalam meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan serta mutu pelayanan kesehatan lansia dengan menyelenggarakan skrining gratis bagi lansia.

Selain itu, kata dia, skrining gratis lansia juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pada lansia dalam memelihara kesehatan sendiri serta meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam mengatasi kesehatan lansia.

Ditambahkan Dewi, kegiatan skrining gratis bagi lansia dikhususkan bagi lansia dengan keluhan gangguan penglihatan, gangguan pendengaran dan gangguan pada saluran kencing.

Skrining gangguan penglihatan akan dilakukan oleh dokter Spesialis Mata, sedangkan untuk gangguan pendengaran dan saluran kencing akan dilakukan oleh dokter umum.

“Alur dan prosedur pendaftaran, peserta dapat menghubungi nomor 0858 9462 9213 dengan dr. Dewi Mandasari, atau 0821 4115 0044 dengan Nurul Rohmah,’ tegasnya.

Dikatakan, pendaftar akan didata sesuai dengan keluhan dan permasalahnnya, kemudian akan dijadwalkan dan dipanggil untuk pelaksanaan skrining di RS Al Huda.

Di tempat terpisah, dr. Indiati, MMRS Direktur RS Al Huda menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan dan mengenang jasa-jasa para pendiri dan pendahulu RS Al Huda  Alm dr. Musytahar Umar Tahlib dan istrinya almarhumah Hj Widad Bin Thalib.

Di samping itu, Rumah Sakit AL Huda juga masih melaksanakan kegiatan operasi gratis katarak, bibir sumbing dan hernia bagi masyarakat yang membutuhkan dan sampai dengan sekarang masih membuka pendaftaran peserta.

Kegiatan ini juga merupakan bukti implementasi salah satu tujuan dari RS Al Huda, yaitu turut meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Banyuwangi dan bentuk kepedulian RS AL Huda kepada sesama, khususnya bagi mereka yang membutuhkan

“Sekali lagi silahkan bagi masyarakat yang memiliki saudara, tetangga atau kerabat tidak mampu dan membutuhkan, dapat mendaftarkannya untuk mengikuti skrining gratis bagi lansia atau operasi gratis katarak, hernia dan bibirsumbing dengan menghubungi RS Al Huda,’ ujarnya. (hud)

 

 

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *