Tips Mudik Lebaran Aman Bagi Ibu Hamil

BANYUWANGI – Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil saat mudik lebaran agar aman selama perjalanan. Sebab bagi ibu hamil (Bumil) yang hendak mudik lebaran jika tidak berhati-hati dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

Oleh karena itu, bumil perlu persiapan yang matang sebelum melakukan mudik, agar risiko tersebut dapat diminimalisasi. Hal ini disampaikan dr. M Novan Affandy, Sp. OG, Dokter Spesialis kandungan yang buka praktek setiap hari di Rumah Sakit (RS) Al Huda Genteng, Banyuwangi.

Dijelaskan, ada beberapa tips yang harus diperhatikan bagi ibu hamil yang hendak mudik lebaran. Dijelaskan, Bumil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan saran dan arahan apakah diperbolehkan untuk mudik. Termasuk perilaku apa saja yang seharusnya dilakukan selama dalam perjalanan dan saat sampai di tempat tujuan.

Dikatakan, khusus bagi Bumil yang memiliki riwayat kehamilan yang berisiko, sangat penting untuk mematuhi dan menjalankan saran dari dokter apakah boleh mudik atau tidak.

Selanjutnya, kata dia, untuk moda transportasi, pilihlah yang aman dan dirasa nyaman oleh Bumil, bisa memilih transportasi darat seperti kendaraan pribadi, bus, kereta api atau udara memakai pesawat.

“Bila menggunakan moda transportasi umum pilihlah yang memiliki fasilitas khusus bagi bumil, seperti kursi khusus dan toilet khusus, sehingga bumil merasa nyaman selama perjalanan,” ujarnya.

Selain itu, posisikan duduk Ibu senyaman mungkin, dengan bantuan  bantal dan juga menggunakan selimut serta bisa menggunakan pakaian yang longgar. “Usahakan untuk tetap berada dalam kondisi yang nyaman selama dalam perjalanan, minum air putih yang cukup dan perbanyak istirahat ,” tegasnya.

Ditambahkan, Pastikan untuk membawa obat-obatan dan kebutuhan kesehatan lainnya, seperti vitamin, obat anti-mual, dan obat penghilang rasa sakit, serta kartu kesehatan

“Siapkan camilan sehat dan hindari konsumsi makanan pedas, berlemak, dan berminyak, yang dapat memicu mual dan muntah atau gangguan pencernaan lainnya,” ungkapnya.

Jangan lupa pula untuk menyimpan nomor telepon dokter bila memerlukan konsultasi saat mudik, kemudian ketahui akses fasilitas kesehatan serta kontak dokter di daerah yang bumil kunjungi bila sewaktu-waktu memerlukan tindakan

“Mudik bagi ibu hamil memang memerlukan persiapan dan perhatian khusus, namun dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat, risiko kesehatan dapat diminimalkan sehingga dapat menghindari dampak yang tidak diinginkan,’ ujar dokter yang tetap buka praktek di Klinik Kandungan RSAH saat libur lebaran.  (hud)

 

 

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *