SPESIALIS ANAK : dr. Tri Tapaningsih, Sp. A dan dokter Karel Anggrek, Sp. A, Dokter Spesialis Anak DI RS Al Huda.

Musim Pancaroba Tiba, Waspadai Kesehatan Anak

BANYUWANGI – Pergantian musim kemarau ke musim penghujan telah tiba Perubahan suhu dan kelembaban yang mengiringinya memaksa tubuh  anak untuk beradaptasi dengan ekstra keras. Untuk itu perlu diimbangi dengan daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah terserang penyakit. Hal ini disampaikan dr Suryadinata, Manajer Pelayanan Medis RS Al Huda Genteng, Banyuwangi.

“Pada musim pancaroba banyak pasien yang datang khususnya anak-anak dengan gejala penyakit batuk pilek yang disertai demam, bahkan ada yang kejang dan sesak nafas” ujarnya.  Hal ini, menurut dia, bisa diakibatkan karena daya tahan tubuh yang rendah dan kurang istirahat. “Untuk itu, jangan lupa menjaga kesehatan karena mencegah jauh lebih bijaksana daripada mengobati,” ungkapnya

Dijelaskan, banyak hal yang bisa dilakukan dalam menjaga tubuh anak agar memiliki daya tahan yang lebih bagus. Seperti beri asupan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan kurangi aktifitas berlebihan di luar rumah. Selain itu, menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar mutlak dilakukan. “Kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, ataupun setiap kali melakukan kegiatan harus menjadi perilaku yang tidak boleh diabaikan,” urainya

Masih menurut dr Suryadinata, patut diwaspadai penyakit yang bisa mewabah saat pancaroba yaitu demam berdarah. “Biasanya, penyakit demam berdarah mewabah ketika pergantian musim, khususnya dari musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya,” ungkapnya.

Terpenting, lanjut dia, harus tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk. “Cegah munculnya genangan air, buang kaleng dan botol bekas di tempat sampah yang tertutup. Ganti air di vas bunga paling sedikit seminggu sekali, dan jangan biarkan ada air menggenang di pot tanaman,” paparnya.

Selain itu, menutup rapat semua wadah air, sumur dan tangki penampungan air. Serta menjaga saluran air supaya tidak tersumbat dan ratakan permukaaan tanah untuk mencegah timbulnya genangan air.

“Namun bila anak kita mengalami gejala seperti sakit kepala, nyeri di belakang mata, nyeri otot, nyeri tulang, ruam (bercak merah) di kulit, panas lebih dari 3 hari, serta ada tanda pendarahan misalnya mimisan, segera kunjungi dokter Karel Anggrek, Sp. A atau dr. Tri Tapaningsih, Sp. A di Poli Anak RS Al Huda yang praktek tiap hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 08.00 sd 11.30 WIB. Bisa juga menghubungi pendaftaran rawat jalan di nomor 0331-842033/34 ext 127-128 atau WA dinomor 0813-4057-0100. (sht)

 

 

 

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *