Buka Satu Minggu Full, RS Al Huda Tambah Dokter Spesialis Radiologi

BANYUWANGI – RS Al Huda (RSAH) Genteng Banyuwangi terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dengan meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan. Salah satunya dengan menghadirkan dokter spesialis radiologi baru, yaitu dr. Satinta Febrianti, Sp. Rad yang praktek bersama seniornya dr. Ida Ayu N, Sp. Rad.

Menurut dr. Suryadinata, Manajer Pelayanan Medis RS Al Huda, dengan bertambahnya tenaga dokter spesialis radiologi di RSAH ini, maka layanan spesialis radiologi di RSAH akan buka satu minggu full di hari kerja, mulai hari Senin sampai Sabtu.

“Diharapkan akan lebih banyak lagi masyarakat terbantu, utamanya bagi mereka yang memerlukan pelayanan spesialis radiologi, seperti pemeriksaan USG ultrasonografi, pemeriksaan foto X-ray dan CT-scan,” ujarnya.

Sementara itu,  dr. Satinta Febrianti, Sp. Rad menjelaskan, pemeriksaan USG dapat menggambarkan organ dan sistem dalam tubuh yang tidak dapat diraba dan dilihat oleh mata secara langsung.

“Seperti kelainan pada organ di dalam rongga perut, tumor kandungan, usus buntu, batu empedu batu ginjal, prostat, maupun organ di luar perut seperti, gondok, tumor payudara, ataupun benjolan di luar tubuh yang lain,” imbuhnya.

Dijelaskan, pasien di USG langsung tanpa persiapan dan hasil pemeriksaan cepat keluar, serta tidak menyakitkan. “Untuk hasil yang maksimal idealnya pada pemeriksaan organ perut, sebaiknya pasien puasa 6 jam sebelum dilakukan pemeriksaan,” ungkapnya.

Dikatakan, pemeriksaan x-ray atau foto rontgen adalah teknik pencitraan medis yang menggunakan radiasi elektromagnetik untuk mengambil gambar atau foto bagian dalam tubuh. Prioritas utama x-ray digunakan untuk melihat tulang dan sendi.

“X-ray terkadang juga dipakai untuk mendeteksi masalah pada jaringan lunak seperti organ internal, yaitu pada paru-paru, jantung, hingga saluran kemih dan pencernaan. Bahkan, pemeriksaan X-ray bisa dilakukan untuk memindai benda padat yang tidak sengaja tertelan.” tambahnya

Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan Spesialis Radiologi bisa datang ke RSAH yang praktek setiap hari Senin sampai Sabtu Pukul 13.00 sampai dengan 16.00. Khusus hari Rabu dan Sabtu mulai pukul 13.00-14.00. Sedangkan Instalasi Radiologi buka 24 jam setiap hari. (hud)

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.