LANSIA ATAU GERIATRI TETAP BISA PUASA

Gambiran– Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah. Setiap orang berlomba dalam hal kebaikan dan menjalankan puasa dengan sempurna. Namun, bagaimana bila orang yang lanjut usia (lansia) tetap ingin berpuasa?

Dr. Jamal, Sp. PD, dokter spesialis penyakit dalam RS Al Huda (RSAH) menyampaikan, lansia tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik. Namun harus lebih hati-hati dan waspada, serta patuh akan nasehat dokter agar tetap aman dan sehat saat berpuasa.

“Mengingat kondisi fisik tubuh lansia sudah mulai melemah dan cenderung lebih rentan terhadap penyakit.  Apalagi bila memiliki penyakit penyerta (komorbid) yang dapat mengganggu kelancaran ibadah puasa.” ujar dokter lulusan Universitas Brawijaya itu.

Menurut Jamal, para lansia atau geriatri yang tetap kukuh ingin menjalankan ibadah puasa, mereka tetap bisa menjalankannya. Namun dengan prosedur yang telah disesuaikan. Yaitu pertama pastikan saat itu tubuh dalam keadaan sehat walafiat. tegasnya

“Kemudian tidak merasakan gejala apapun dari penyakit penyertanya atau komorbid. Bila perlu, pihak keluarga dapat berkonsultasi dengan dokter keluarga untuk memastikan kondisi lansia sebelum berpuasa,” jelas dokter spesialis penyakit dalam yang buka praktik setiap hari di RS Al Huda ini.

Dia menambahkan, hal terpenting adalah menjaga imunitas tubuh. Caranya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, bernutrisi tinggi dan seimbang. Baik saat berbuka dan sahur. Hindari makanan yang berlemak. Disarankan memperbanyak makan buah dan sayur, serta minum air putih minimal 8 gelas sehari. Yaitu satu gelas saat bangun mau sahur, segelas setelah sahur, segelas saat berbuka, segelas setelah sholat magrib, setelah makan malam, sebelum sholat isya, setelah tarawih dan sebelum tidur.

Lansia juga disarankan istirahat dengan tidur yang cukup dan berkualitas minimal 8-9 jam perhari. Boleh juga melakukan olah raga ringan seperti jalan kaki atau meditasi, serta diharapkan menghindari stress. “Selama daya tahan tubuh kuat, maka tubuh dapat melawan berbagai macam virus atau kuman.” tegasnya

Menurut Jamal, mereka dengan penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, ginjal dan lainnya, obat yang diberikan harus tetap dikonsumsi. Bila perlu, dapat mengonsumsi vitamin untuk menambah stamina.

Tak lupa, dia mengingatkan agar dimasa pandemi ini sebaiknya lansia tetap tinggal dirumah. Juga tetap menjaga lingkungan tetap bersih. Selalu cuci tangan dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer. “Bila sangat terpaksa harus keluar rumah, maka wajib memakai masker. Serta tetap jaga jarak dengan orang lain.” pungkasnya

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.