RSAH PERINGATI HARI KESEHATAN GINJAL SEDUNIA

GAMBIRAN – RS AL HUDA (RSAH) peringati World Kidney Day (WKD) atau hari kesehatan ginjal sedunia tahun 2021. Peringatan tersebut diisi dengan kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) berupa edukasi kesehatan ginjal kepada pendamping dan pasien Hemodialisa, Jumat lalu (12/3.

Dr. Jamal, Sp. PD, selaku Penanggung jawab Instalasi Hemodialisa RSAH menyampaikan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Tema WKD 2021 kali ini adalah  “Living Well With Kidney Disease” atau Hidup berkualitas dengan Penyakit Ginjal.

Jamal menjelaskan, ginjal mempunyai peran sangat penting dalam tubuh manusia. Selain membersihkan limbah dalam darah, ginjal juga berfungsi menyeimbangkan cairan tubuh, memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah dan menyaring 120-150 liter darah setiap hari serta mengaktifkan vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi.” jelasnya

“Bila fungsi ginjal menurun maka akan berakibat fatal terhadap kinerja tubuh dan akhirnya bisa mengakibatkan PGK (Penyakit Ginjal Kronis) yang ditandai dengan gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi, perubahan frekuensi dan jumlah buang air kecil dalam sehari, adanya darah dalam urin/ air kemih, gangguan tidur, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, sulit konsentrasi, gatal, sesak, mual dan muntah, serta bengkak di bagian tubuh.” Jelasnya.

“Seorang yang terkena PGK, kualitas hidupnya akan menurun drastis. mereka akan mengalami penurunan produktifitas. Hb (hemoglobine) akan sering rendah, sering drop bahkan bisa terkena komplikasi penyakit lain.

Disamping itu penderita akan membutuhkan waktu untuk rutin cuci darah seminggu 2 kali, dan setiap kali cuci darah setidaknya butuh waktu 5 jam. Belum lagi faktor psikologi yang mendera mereka. Bisa sangat komplek masalahnya.” Urainya.

Sesungguhnya PGK dapat dicegah dengan membiasakan perilaku CERDIK yang merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas Fisik, Diet Sehat kalori seimbang, Istirahat cukup dan Kelola Stres.” Tuturnya

Hal ini juga berlaku bagi mereka penderita PGK dengan selalu disiplin menerapkan pola hidup sehat dan menjalani terapi hemodialisa sesuai dengan anjuran dokter. Tak lupa dukungan dan suport dari keluarga sangat dibutuhkan demi harapan kualitas hidup penderita PGK dapat lebih baik.

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.