RSAH LAYANI HOME CARE FISIOTERAPI Lengkapi Layanan Homecare Keperawatan dan Kebidanan

GambiranRumah Sakit Al Huda (RSAH) melengkapi layanan home care denganlayanan “Homecare Fisioterapi”. Sebelumnya, RSAH telah layani homecare keperawatan dan kebidanan. Dengan layanan ini, tenaga Fisioterapis akan membimbing pasien kembali ketingkat kesehatan optimum, serta meningkatkan kemandirian dan meminimalkan efek dari ketidakmampuan akibat sakit yang dideritanya.

Manajer Pelayanan Rawat Jalan RSAH drg Alfi Mubarak menyampaikan, layanan ini pada umumnya diberikan untuk kasus fraktur dan penyakit kronis imobilisasi lama. “Tentu saja bagi pasien pasca rawat inap atau rawat jalan harus diperiksa terlebih dahulu oleh dokter untuk menentukan apakah secara medis layak untuk dirawat di tempat tinggal mereka atau tidak” ungkapnya.

Alfi menjelaskan, Kasus Imobilisasi lama yang diakibatkan penyakit kronis seperti stroke, kencing manis, gangguan penurunan motorik atau fungsi sensorik dari gerak tubuh (paraplegi, tetraplegia), juga kasus fraktur akibat kecelakan sering kali membutuhkan perawatan kontinyu dalam waktu lama. “Tentunya secara medis dinyatakan sudah aman untuk dilakukan perawatan di rumah” tegas Alfi.

Sementara itu, Manajer Pelayanan Medis RSAH dr. Suryadinata menambahkan layanan homecare dapat menjadi solusi untuk mempercepat kemandirian pasien dari ketidakmampuan akibat sakitnya. Dengan begitu akan memperpendek masa rawat. “Sehingga lebih effisien dari segi tenaga, waktu dan biaya.” ujarnya

Selain itu, kata Surya, banyak pasien yang lebih suka dirawat di rumah. Suasana rumah dapat lebih memberikan kenyamanan pasien dalam menjalani perawatan secara individual. Sehingga akan meningkatkan semangat dan rasa percaya diri pasien untuk pulih. Perawatan di rumah, kata dia, selain faktor effisiensi juga dapat memfasilitasi peran aktif anggota keluarga yang lain dengan baik. “Ini Sekaligus memberi tambahan pengetahuan tentang kesehatan dan ketrampilan dalam merawat pasien secara lebih intens dan aplikatif sesuai kondisi rumah,”jelas Surya Layanan Home Care RSAH sengaja disiapkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan yang mengedepankan aspek kedekatan pada pasien. “Tak lupa dimasa pandemi sekarang ini, protokol kesehatan covid-19 juga diterapkan saat layani homecare.” jelasnya

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.