APD PENTING UNTUK TENAGA MEDIS

Gambiran – Kondisi pandemi Covid-19 merupakan ujian berat bagi seluruh masyarakat, khususnya bagi masyarakat kesehatan. Namun,  sejak awal RS Al Huda (RSAH) sudah berupaya mempersiapkan diri dengan menyiapkan sarana prasarana ruang isolasi, tenaga medis dan penunjang medis serta Alat Pelindung Diri (APD). Itu adalah kontribusi dan komitmen RSAH sebagai fasilitas kesehatan kepada masyarakat dan pemerintah dalam pencegahan pengendalian Covid-19.

Ketua Tim Siaga Covid-19 RSAH dr Suryadinata mengatakan, meskipun saat ini RSAH belum pernah merawat pasien positif Covid-19, pihaknya sudah siapkan semaksimal mungkin. “Termasuk APD yang saat ini menjadi kendala bagi rumah sakit diseluruh dunia” ujar Manajer Pelayanan Medis di RSAH itu.

Surya menambahkan, APD sangatlah penting bagi tenaga medis saat pandemi Covid-19. Ibarat serdadu, APD adalah senjata dan pelindung tenaga medis di medan perang. Dengan APD yang lengkap dan standar akan membuat tenaga medis aman dan optimal dalam menjalankan tugas kemanusiaan merawat pasien.” Namun saat ini kebutuhan yang melonjak akan APD, baik yang berupa masker, hand sanitizer dan lain-lain di seluruh fasilitas kesehatan, berpengaruh terhadap kelangkaan APD bagi petugas kesehatan. Hal ini juga dialami RSAH, bahkan di Rumah sakit lain pun juga sama.” jelasnya

Sementara itu, masyarakat Indonesia yang dikenal akan budaya gotong royong itu terketuk hatinya untuk mngulurkan bantuan kepada rumah sakit dalam penyediaan APD bagi tenaga medis. RSAH menjadi salah satu yang beruntung mendapatkan bantuan tersebut dari masyarakat.

Secara terpisah, Direktur RS Al Huda dr. Indiati, MMRS menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang mendalam atas dukungan dari masyarakat. “Kelengkapan APD akan sangat bermanfaat membantu tenaga kesehatan dalam proses percepatan penanggulangan Covid-19”. Ujar dokter yang akrab disapa Indie itu.

Indie menyampaikan, APD yang diterima saat ini paling banyak adalah hazmat atau baju astronot, handscoon, sepatu boot dan handsanitizer. Sedangkan masker bedah, masker N95, kacamata google dan face shield masih dibutuhkan. “Kami masih terus tetap kontak distributor untuk memenuhinya” imbuhnya. Perang terhadap Covid-19 ini, perlu sinergisitas semua pihak. Baik dari pemerintah dengan regulasinya, maupun fasilitas kesehatan dengan sarana dan fasilitas pelayanan kesehatan. Juga dukungan masyarakat dengan kepatuhan melaksanakan himbaun dari pemerintah terkait physical distancing. “Serta tim kesehatan yang sungguh luarbiasa dedikasi dan perjuanganya memberikan seluruh jiwa raganya demi menyelamatkan jiwa dan raga pasien.” pungkasnya

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.