Donor Darah di RS Al Huda diikuti Polisi

Genteng – Keberadaan Klub Donor Darah (KDD) di Rumah Sakit Al Huda (RSAH) sangat berarti. Dengan jumlah anggota aktif tidak kurang dari 400 orang,  kontribusi mereka sangat membantu meminimalisir terjadinya kekosongan persediaan darah di PMI Banyuwangi. KDD mengadakan kegiatan rutin donor darah 4 kali dalam sebulan seperti yang terjadi hari selasa (19/9) lalu.

Ada yang berbeda pada kegiatan donor darah kali ini. Terlihat beberapa polisi diantara pendonor. Ternyata beliau- beliau ini adalah anggota unit laka lantas Polsek Genteng yang sedang merayakan HUT Polantas ke 62, dengan mengikuti kegiatan donor darah di RS Al Huda.

Nampak diantaranya Kanit Lantas Polsek Genteng Iptu Dalyono yang menyampaikan Tema HUT kali ini adalah “Indonesia Aman, Selamat, Tertib dan Lancar melalui modernisasi Polantas, sebagai implementasi tahun keselamatan untuk Kemanusiaan. Untuk itu kami mewujudkannya dalam kegiatan donor darah ini.” ujarnya.

“Dalam kegiatan lainpun kami berharap bisa bersinergi dengan banyak fihak, sehingga bisa berkontribusi membantu masyarakat lebih luas lagi, seperti donor darah, dll. Kali ini kami menargetkan 25 anggota dari Polsek Genteng untuk berdonor”. imbuhnya.

Sementara itu, dr. Soegeng Hery Priyanto, MMRS Manajer Bank Darah RSAH Genteng menyambut baik keterlibatan anggota Polisi dalam kegiatan donor, dan mengungkapkan, “Kegiatan donor darah, selain bermanfaat untuk orang lain juga amat bermanfaat bagi kesehatan pendonor itu sendiri”.

“Seorang pendonor akan langsung memperoleh manfaatnya saat mereka berdonor. Karena sebelum diambil darahnya seorang pendonor wajib diperiksa dulu. Berat badannya, tekanan darah, kadar hemoglobin dan golongan darahnya. Termasuk screening penyakit yang bisa ditularkan melalui darah. Seperti HIV, Hepatitis B dan C, juga Syphilis. Sehingga bisa dipastikan, hanya seseorang yang benar benar sehat secara fisik dan laboratorium saja yang layak menjadi pendonor rutin” Tegasnya.

“Keberlangsungan ketersediaan darah bisa selalu terjaga bila ada sinergisitas yang baik antara RS, Pendonor, dan UTD. Ada klub donor darah sukarela seperti KDD RSAH, ada institusi yang mau perduli seperti Polantas Genteng ini. Ada bank Darah yang selalu berupaya memenuhi stock darah, dan ada PMI yang mendukung penuh keberadaan klub dan Bank darah. Sehingga mempermudah dan mempercepat layanan pasien yang membutuhkan transfusi darah.” pungkas Soegeng.

Bagi yang berminat menjadi pendonor sukarela bisa berhubungan dengan koordinator klub donor darah RSAH Rosidin, S, Kep. Ners, HP 08123462733.

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.