RSAH Layani Pemeriksaan HbA1c

GENTENG – Satu lagi layanan khusus bagi penderita kencing manis atau Diabetis Mellitus (DM) hadir di RS AlHuda (RSAH) Genteng Banyuwangi. Yaitu pemeriksaan kadar gula darah terkini dan memiliki akurasi tinggi yang dikenal dengan pemeriksaan HbA1c.

Seperti disampaikan Dr. Jamal Sp. PD dokter spesialis penyakit dalam di RSAH, penyakit Diabetes Melitus merupakan suatu penyakit menahun yang ditandai oleh kadar Gula darah yang melebihi normal. Bila kadar gula darah dibiarkan tidak terkendali maka DM akan menimbulkan komplikasi ke seluruh organ tubuh manusia dari kepala sampai kaki. Mulai dari yang ringan sampai yang berat bahkan berujung kematian.

“Bisa menimbulkan kerontokan rambut, nyeri atau kesemutan ujung ujung jari, luka yang sulit sembuh, terserang penyakit jantung, kebutaan, gagal ginjal dan lain sebagainya. Untuk itu penderita DM harus selalu mengendalikan kadar gulanya dalam batas normal dengan rutin memeriksakan ke laboratorium” ujarnya.

Pemeriksaan kadar gula darah yang paling bisa memberikan gambaran tentang kondisi kadar gula darah dalam waktu lama, ya HbA1c” lanjut jamal. Dimana  HbA1c adalah hemoglobin terglikasi atau fraksi hemoglobin yang berikatan langsung dengan Glukosa/ gula. Jumlah HbA1c yang terbentuk dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh rata-rata konsentrasi gula darah yang terakumulasi dalam sel darah merah dan akan terurai perlahan bersamaan dengan berakhirnya masa hidup sel darah merah (rata-rata umur sel darah merah adalah 120 hari atau sekitar 3 bulan).

“Karena itu HbA1c dapat bertahan lama sesuai umur darah merah dan tergantung pada kadar gula dalam darah, sehingga pemeriksaan HbA1c dapat menggambarkan konsentrasi gula darah rata-rata selama 3 bulan”, jelasnya.

Dikatakan, pemeriksaan HbA1c berbeda dengan pemeriksaan gula darah yang lainnya (gula darah puasa dan gula darah 2 jam sesudah makan), dimana pada pemeriksaan tersebut hanya dapat mencerminkan konsentrasi gula darah pada saat diperiksa saja, dan dipengaruhi oleh banyak faktor seperti makanan, obat yang dikonsumsi ataupun aktivitas pasien pada saat itu. “sedangkan pemeriksaan HbA1c dapat memberikan gambaran rata-rata gula darah selama 3 bulan dan tidak dipengaruhi oleh faktor tadi ”, urainya.

Berangkat dari fakta tersebut, dokter Ade Rochaeni, Sp.PK penanggung jawab laboratorium RSAH menambahkan “untuk memenuhi kebutuhan penderita DM agar bisa melakukan kontroling kadar gula darahnya secara tepat. Laboratorium Rumah Sakit Al Huda saat ini bisa melayani pemeriksaan HbA1c selama 24 jam penuh, praktis, efisien dan ekonomis. Sampel darah yang dibutuhkan hanya 1 cc darah dan hasilnya dapat ditunggu 30 menit selesai” pungkasnya.

Post Author: RSAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.